FIND THE UPDATED NEWS

Find the latest news, insight, event and stories about Sari Mas Permai!

STAY UPDATED STAY AWAKE

We provide more information about what’s happening in Sari Mas Permai, our latest activities, growth, and more. Stay connected with us through Facebook and LinkedIn for our latest news!

WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan


[ Articles ] 16/Apr/2020 12:00

Minyak kelapa menjadi salah satu produk terlaris di dunia. Seiring perkembangannya, hingga kini penggunaan minyak kelapa semakin diminati masyarakat. Ada dua jenis minyak kelapa yang bisa ditemukan di pasaran, yaitu minyak kelapa biasa dan Virgin Coconut Oil (VCO).


Ke dua jenis minyak ini memiliki fungsi yang berbeda. Hal ini terlihat dari proses pengolahan bahan baku sampai mengekstraksi kelapa menjadi minyak. Walaupun berbeda, ke dua nya termasuk dalam produk minyak kelapa sehat yang aman digunakan sehari-hari. Minyak kelapa biasa diekstraksi dengan kompresi dingin, sedangkan VCO dibuat melalui proses fermentasi yang lebih rumit.

Apa pun kegunaannya, Anda harus memperhatikan kualitas yang dimiliki oleh minyak kelapa demi menjamin minyak kelapa yang sehat dan aman dikonsumsi sehari-hari. Terlebih, Anda akan menemukan berbagai macam minyak kelapa yang dijual bebas di pasaran.

Berikut adalah beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan saat memilih minyak kelapa:

Memilih Minyak Kelapa Sehat

1. Perhatikan Kemasannya

Penggunaan kemasan yang tidak tepat dapat menurunkan kualitas dari minyak kelapa. Umumnya, minyak kelapa yang dikemas dalam botol plastik cenderung mudah terkontaminasi oleh oksigen.

Karena mudah teroksidasi, minyak tersebut tentu menjadi tercemar dan mengandung radikal bebas yang tidak sehat. Untuk memilih minyak kelapa sehat, sebaiknya Anda memilih minyak kelapa yang dikemas dalam botol yang tersegel rapat. Jika memungkinkan, Anda bisa memilih minyak kelapa yang dikemas dalam botol kaca steril.

2. Pilih Minyak Kelapa dari Bahan Baku Organik

Bahan baku organik menjamin kualitas minyak kelapa yang dihasilkan. Minyak kelapa organik umumnya dibuat dari bahan baku yang tidak dimodifkasi secara genetik. Bahan organik juga lebih aman karena tidak terpapar bahan kimia seperti pestisida dan pupuk kimia.

Selain itu, minyak kelapa organik tentu menghasilkan produk minyak kelapa sehat yang tersertifikasi resmi. Dari segi pengolahan, minyak kelapa organik juga sangat memperhatikan mekanisme produksi yang ketat dan steril dari bahan-bahan yang bisa mengkontaminasi kualitas minyak kelapa yang dihasilkan.

3. Perhatikan Proses Pembuatannya

Ada beberapa metode yang kerap digunakan produsen untuk menghasilkan minyak kelapa. Proses yang paling baik adalah dengan metode kompresi dingin. Metode ini tidak melibatkan suhu tinggi sama sekali, sehingga minyak kelapa yang dihasilkan masih mengandung nutrisi yang penting.

Suhu yang panas dapat menghilangkan berbagai vitamin dan manfaat kesehatan dari minyak kelapa. Sehingga, minyak kelapa yang diolah dengan kompresi dingin cenderung menghasilkan minyak kelapa sehat dan aman dikonsumsi sehari-hari.

Manfaat Minyak Kelapa

Selain digunakan sebagai bahan pengolahan makanan, minyak kelapa rupanya memiliki segudang manfaat. Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi yang menyehatkan tubuh. Ini lah beberapa manfaat minyak kelapa sehat:

⚫️ Kandungan Minyak Kelapa Digunakan Untuk Menjaga Kestabilan Gula Darah

Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes, minyak kelapa merupakan produk yang tepat untuk Anda. Kandungan Medium Chain Triglycerides (MCT) pada minyak kelapa dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Nutrisi tersebut juga bisa digunakan untuk meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh, sehingga membantu menjaga gula darah tetap stabil. Sehingga, mengkonsumsi minyak kelapa sehat secara teratur sangat baik bagi penderita diabetes.

⚫️ Mencegah Osteoporosis

Selain menjaga kestabilan gula darah, minyak kelapa yang berkualitas juga dapat membantu penyerapan magnesium dan kalsium dalam tubuh. Fungsi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menjaga kesehaan tulang dan persendian.

Mengkonsumsi minyak kelapa dalam jangka panjang dapat memperbaiki kepadatan tulang yang pada akhirnya mencegah osteoporosis.

⚫️ Menghilangkan Bakteri dan Parasit Dalam Tubuh

Minyak kelapa sehat juga mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan zat yang berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam minyak kelapa dapat mengobati peradangan pada organ tubuh seperti arthritis, batu empedu dan pankreatitis.

⚫️ Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik). Asam lemak jenuh pada minyak kelapa juga dapat mengubah LDL atau kolesterol jahat menjadi tidak berbahaya.

Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Maka dari itu, minyak kelapa dapat membantu untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

⚫️ Menurunkan Berat Badan

Jika Anda menganggap minyak kelapa dapat membuat gemuk, hal itu sama sekali tidak benar. Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang justru membantu membakar lemak pada perut.

Bagi Anda yang sedang melakukan diet, sangat disarankan untuk mengolah makanan dengan minyak kelapa. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki citarasa yang lebih gurih, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai dressing atau toping salad.

✔️ Kesimpulan

Itu lah sejumlah manfaat yang ditawarkan oleh minyak kelapa. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak kelapa terbaik dan terbesar di dunia. Maka dari itu, Anda mudah menemukan minyak kelapa sehat yang berkualitas produksi dalam negeri.

Salah satu produsen minyak di Indonesia adalah PT. Sari Mas Permai. Perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan minyak kelapa berkualitas tinggi ini telah memproduksi minyak goreng sejak tahun 1978.

Ditunjang dengan fasilitas dan peralatan canggih, PT. Sari Mas Permai juga telah memproduksi minyak goreng kelapa sejak tahun 2000 an silam. Produk dari PT. Sari Mas Permai bahkan sudah diekspor ke berbagai negara di dunia. Hingga kini, perusahaan yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini sudah mengekspor ke 26 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika bahkan Eropa dan Amerika Serikat.

Dengan pengalaman lebih dari 33 tahun, PT. Sari Mas Permai berkomitmen untuk menyediakan produk minyak berkualitas, sehat dan berkualitas tinggi. Didukung oleh praktik manufaktur yang ketat, setiap produknya dibuat dari bahan baku premium demi menghasilkan minyak goreng sehat terbaik.