Articles

23/08/2019

Share :

Minyak goreng merupakan bahan masakan yang hampir selalu ada di dapur keluarga. Meskipun mengonsumsi makanan berminyak kurang bagus untuk kesehatan, namun tanpa minyak goreng tentulah kita akan sulit mengolah beragam makanan. Kita tidak perlu meninggalkan minyak goreng, namun lebih pandai memilih dan menggunakan minyak goreng agar tidak merugikan kesehatan.

Meskipun sudah biasa membeli minyak, sayangnya masih banyak wanita yang belum tahu tentang jenis minyak, kandungan dan manfaatnya. Beberapa jenis minyak goreng yang bisa kita temui di pasaran antara lain : minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak zaitun, minyak canola, minyak jagung, minyak kedelai, minyak wijen dan minyak biji bunga matahari.

Memilih minyak goreng yang sehat dan berkualitas sangat penting dilakukan, karena minyak goreng dapat berpengaruh langsung pada kesehatan keluarga. Apalagi saat ini banyak pedagang nakal yang mengoplos minyak atau menambahkan bahan-bahan kimia berbahaya pada dagangannya. Hem, pasti mengerikan bukan? Jangan hanya tergiur harga murah, tapi perhatikan juga kualitas minyak gorengnya. Nah, agar tidak salah memilih minyak goreng, simak tips memilih minyak goreng yang sehat dan berkualitas berikut ini:

• Pilih Minyak yang jernih, tidak kental, dan tidak mudah beku

Selain jenih, Anda harus memastikan memilih minyak yang tidak terlalu kental dan tidak mudah beku. Karena hal tersebut sangat berisiko bagi kesehatan, misalnya : meningkatkan kolesterol jahat, meningkatkan risiko kanker dan menimbulkan gatal di tenggorokan.

• Perhatikan komposisi minyak

Selain memastikan aroma dan warna minyak, Anda juga harus memastikan komposisi minyak. Pastikan membaca daftar komposisinya lebih dahulu sebelum memilih minyak goreng ya!

• Pilih minyak yang rendah lemak

Minyak mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga mengakibatkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh meningkat yang membahayakan kesehatan jantung. Untuk mengatasinya, pilih minyak rendah lemak seperti minyak kelapa.

• Pilih Minyak yang tinggi kandungan omega 3

Kandungan omega 3 dapat membantu menjaga kesehatan jantung, karena itu untuk menjaga kesehatan keluarga, mulailah beralih pada minyak goreng yang lebih sehat dan berkualitas.

• Cermat Menggunakan minyak goreng Agar terhindar dari penyakit berbahaya, pastikan jangan gunakan minyak secara berulang-ulang. Jika minyak sudah berubah warna akibat sisa makanan, sebaiknya ganti dengan minyak yang baru. Selain itu, hindari penggunaan suhu terlalu panas saat memasak, karena dapat membentuk radikal bebas yang merugikan kesehatan dan merusak kandungan vitamin dalam minyak goreng.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Berita Terkait

butuh bahan baku kelapa terbaik?