FIND THE UPDATED NEWS

Find the latest news, insight, event and stories about Sari Mas Permai!

STAY UPDATED STAY AWAKE

We provide more information about what’s happening in Sari Mas Permai, our latest activities, growth, and more. Stay connected with us through Facebook and LinkedIn for our latest news!

WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

Jenis Kandungan Minyak Sehat Yang Harus Anda Ketahui


[ Articles ] 14/Apr/2020 12:00

Minyak goreng menjadi salah satu bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat. Menuang minyak ke wajan untuk mengolah bahan makanan merupakan kegiatan wajib yang terjadi setiap hari. Namun, tak semua minyak goreng yang beradar di pasaran aman untuk dikonsumsi. Maka dari itu, Anda harus mengetahui kandungan dari minyak goreng yang sehat dan bergizi.


Salah satu kritera yang wajib dimiliki minyak sehat adalah tetap stabil saat dipanaskan pada suhu tinggi. Minyak goreng sehat yang stabil dapat dilihat dari reaksi minyak saat terkena suhu panas. Minyak yang berkualias rendah biasanya mudah teroksidasi. Akibat reaksi yang berlebih terhadap oksigen, minyak cenderung membentuk radikal bebas.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memilih minyak sehat dengan tingkat saturasi asam lemak yang rendah. Berikut cara mengetahui jenis minyak goreng berdasarkan tingkat saturasinya:

Tingkat Saturasi Minyak Goreng

⚫️ Asam Lemak Jenuh (SFA)

Asam lemak jenuh umumnya memiliki rantai karbon yang terisi penuh dengan atom hydrogen. Asam lemak jenuh biasanya terkandung dalam produk minyak tropis seperti minyak kelapa sawit, minyak kelapa atau minyak kopra dan minyak lemak hewani seperti mentega.

Karena memiliki rantai karbon yang penuh dengan atom hydrogen, minyak yang mengandung asam lemak jenuh ini cocok untuk menggoreng makanan dengan tingkat pemanasan di bawah suhu tinggi.

⚫️ Asam Lemak Tak Jenuh Tunggal (MUFAs)

Disebut sebagai asam lemak tak jenuh tunggal, minyak jenis ini memiliki struktur asam lemak yang tidak padat. Minyak ini telah kehilangan dua atom hydrogen. Asam lemak tak jenuh tunggal bisa Anda temukan pada produk-produk minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak alpukat atau minyak yang terbuat dari kacang-kacangan.

⚫️ Asam Lemak Tak Jenuh Ganda (PUFA)

Minyak jenis ini memiliki sifat yang sangat tidak stabil. Asam lemak tak jenuh ganda telah kehilangan beberapa atom hydrogen dan memiliki dua ikatan rangkap atau lebih. Minyak yang mengandung lemak tak jenuh ganda bisa Anda temukan pada minyak rapeseed, minyak biji kapas, minyak dedak padi, minyak jagung, minyak bunga matahari dan minyak kedelai.

Karena sangat tidak stabil, minyak dengan lemak tak jenuh ganda lebih mudah menghasilkan radikal bebas tingkat tinggi ketika dipanaskan. Maka dari itu, jangan terlalu dekat jika Anda memasak dengan minyak asam lemak tak jenuh ganda.

Mengenal Titik Asap Minyak Goreng

Minyak yang sehat juga dapat diketahui dari titik asap nya. Apa itu titik asap?

Titik asap adalah indikator yang ditunjukan dari suhu pada minyak goreng. Titik asap dapat diketahui saat minyak goreng berhenti mendidih dan menimbulkan asap. Umumnya, minyak yang stabil aka memiliki titik asap yang tinggi. Artinya, minyak tersebut memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi.

Minyak yang sudah melewati titik asapnya akan mulai terurai ke udara. Minyak tersebut akan kehilangan nutrisi dan cenderung menghasilkan asap yang mengandung radikal bebas berbahaya. Ketika minyak yang dipanaskan menimbulkan asap, minyak tersebut mendekati titik nyala.

Titik nyala adalah indikator di mana minyak dapat terbakar. Maka dari itu, Anda harus selalu berhati-hati ketika menggunakan minyak untuk memasak. Titik asap minyak dapat diketahui berdasarkan dua kategori, yaitu minyak yang tidak dimurnikan dan minyak yang dimurnikan, sebagai berikut:

⚫️ Minyak Yang Tidak Dimurnikan

Minyak goreng yang tidak dimurnikan juga disebut sebagai minyak mentah. Minyak ini dihasilkan dari proses ekstraksi melalui penghancuran dan pengepresan bahan baku yag dibiarkan begitu saja, tanpa melalui proses selanjutnya.

Proses ekstraksi semacam ini ditujukan untuk mempertahankan cita rasa dan nutrisi pada minyak. Minyak yang tidak dimurnikan memang lebih sehat, sayangnya mintak goreng jenis ini tidak cocok terhadap suhu panas. Minyak sehat jenis ini hanya cocok digunakan sebagai dressing atau toping pada makanan dan untuk memasak dengan suhu rendah.

⚫️ Minyak Yang Dimurnikan

Minyak goreng yang dimurnikan diproses menggunakan bahan kimia yang intensif. Minyak jenis ini dibuat untuk menghasilkan rasa yang netral dan daya simpan yang lebih lama. Selain itu, minyak yang dimurnikan lebih tahan terhadap suhu panas karena memiliki titik asap tinggi.

Proses pemurnian ini disebut juga sebagai penyaringan atau penyulingan. Minyak yang dimurnikan cocok untuk Anda yang gemar memasak makanan dengan suhu panas tinggi. Contoh minyak yang dimurnikan adalah minyak goreng kemasan dan minyak kelapa murni.

Kualitas Bahan Baku

Bahan baku yang digunakan untuk membuat minyak, sangat berpengaruh pada kualitas dari minyak goreng. Bahan baku seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan digunakan sebagai elemen yang mengandung asam lemak untuk membentuk minyak goreng.

Minyak yang dibuat dari bahan baku organik akan menghasilkan minyak sehat yang berkualitas baik. Bahan baku organik umumnya tidak mengandung pestisida yang mungkin larut dalam lemak, yang pada akhirnya akan terakumulasi pada asam lemak nabati minyak goreng.

Selain itu, bahan baku yang mengandung material pestisida dan pupuk kimia biasanya menghasilkan minyak yang lebih sedikit. Namun, tak semua minyak sehat dibuat dari bahan baku organik yang ditemukan liar dari alam. Beberapa produsen mengembangkan minyak organik dari tanaman yang dimodifikasi secara genetik.

Tanaman hasil rekayasa genetika yang digunakan untuk membuat minyak sehat antara lain, kanola, jagung, biji kapas, biji anggur, sampai kedelai dan kacang-kacangan lainnya.

✔️ Kesimpulan

Itu lah beberapa kandungan pada minyak goreng yang harus Anda ketahui. Indonesia sendiri memiliki banyak pilihan minyak goreng yang sehat dan berkualitas. Iklim tropis dan kondisi geografisnya, menjadikan Indonesia menjadi penghasil bahan baku minyak goreng yang terbaik di dunia.

Salah satu produsen minyak di Indonesia adalah PT. Sari Mas Permai. Perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan minyak kelapa berkualitas tinggi ini telah memproduksi minyak goreng sejak tahun 1978.

Ditunjang dengan fasilitas dan peralatan canggih, PT. Sari Mas Permai juga telah memproduksi minyak goreng kelapa sejak tahun 2000 an silam. Produk dari PT. Sari Mas Permai bahkan sudah diekspor ke berbagai negara di dunia. Hingga kini, perusahaan yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini sudah mengekspor ke 26 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika bahkan Eropa dan Amerika Serikat.

Dengan pengalaman lebih dari 33 tahun, PT. Sari Mas Permai berkomitmen untuk menyediakan produk minyak berkualitas, sehat dan berkualitas tinggi. Didukung oleh praktik manufaktur yang ketat, setiap produknya dibuat dari bahan baku premium demi menghasilkan minyak goreng sehat terbaik.