FIND THE UPDATED NEWS

Find the latest news, insight, event and stories about Sari Mas Permai!

STAY UPDATED STAY AWAKE

We provide more information about what’s happening in Sari Mas Permai, our latest activities, growth, and more. Stay connected with us through Facebook and LinkedIn for our latest news!

WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

Minyak Goreng Anda Cepat Menghitam, cobalah 5 Cara ini Agar Lebih Awet


[ Articles ] 29/Sep/2020 12:00

Minyak Goreng adalah salah satu bahan dapur yang tidak dapat lepas dari keseharian kita. Bagi sebagian orang, bahan dapur yang satu ini pasti digunakan berkali-kali dalam sehari. Peran Minyak Goreng dalam hal masak-memasak sangatlah besar. Terutama bahan yang kamu ingin goreng seperti Tahu, Ikan, Pisang Goreng, Udang. Bahan makanan yang dilapisi tepung akan cepat menghitam. Banyak orang akan mengidam-idamkan minyak goreng yang tidak mudah menghitam.

Selain berdampak pada rasa dan aroma, penggunaan minyak yang telah menghitam dan keruh bisa mengakibatkan masalah kesehatan.

Berikut kami sajikan 5 Tips untuk sahabat moms semua agar Minyak Goreng yang dipakai tidak mudah menhitam :

  1. Suhu Api untuk Memasak Tips yang satu ini adalah hal pertama yang harus diperhatikan, karena awal mula minyak goreng digunakan dimulai dari sini. Faktor suhu api akan mempengaruhi panasnya minyak. Minyak yang ada di suhu cepat panas akan mempengaruhi warna nya. Faktor yang paling kelihatan adalah mudahnya warna minyak menghitam. Memang suhu yang tinggi akan membuat minyak cepat panas dan akan memproses makanan yang kita goreng cepat matang, tapi dari hasil ini akan mengakibatkan makanan tidak matang sampai dalam, lebih baik di suhu yang tidak terlalu panas dan stabil. Selain makanan yang tidak sampai matang sampai kedalam, minyak goreng nya pun akan berpengaruh seperti keruh dan menghitam.

  2. Segera Bersihkan Sisa Makanan pada Minyak Tips berikutnya adalah segera saring sisa makanan yang telah di goreng. Saat menggoreng suatu makanan, pastinya dalam minyak tersebut akan meninggalkan sisa-sisa makanan seperti serpihan tepung. Hal ini harus seger dibersihkan agar minyak goreng bisa lebih terjaga. Jika dibiarkan begitu saja, nantinya sisa-sisa makanan ini akan semakin larut dan mengotori minyak.

  3. Simpan Minyak dengan Benar Meski tidak sedang memasak, warna minyak juga bisa berubah menjadi hitam jika tidak disimpan dengan benar. Jangan simpan minyak di tempat yang terpapar cahaya atau dekat dengan sumber panas. Dua faktor ini bisa merusak kualitas minyak dan membuat minyak goreng cepat menghitam. Simpanlah minyak di wadah yang tertutup rapat, di tempat yang gelap.

  4. Pisahkan Sisa Minyak Hasil Menggoreng sesuai bahan yang digunakan. Tidak dapat dipungkiri memasak di dapur tidak hanya 1 bahan masakan. Kadang Pagi memasak telur dadar, siang memasak ayam dan malam juga memasak hal yang berbeda. Hal ini akan menjadi permasalahan pada minyak goreng yang dipakai. Saat suatu minyak goreng dipakai berkali-kali di berbagai macam gorengan, akan membuat minyak mudah menghitam dan kualitasnya menurun. Disarankan setelah menggoreng, minyak disimpan dengan wadah yang terpisah. Selain menghindari tercampurnya aroma antar makanan, ini juga dapat meminimalisir perubahan warna yang semakin keruh dan menghitam sebab bahan tertentu yang sekiranya terlanjur dimasak dengan suhu yang terlalu panas (ataupun gosong). Contohnya, saat kamu menggunakan minyak goreng untuk memasak ikan, gunakanlah bekas minyak goreng tersebut untuk menggoreng ikan juga setelahnya. Dianjurkanuntuk menggunakan minyak goreng bekas memasak ikan digunakan untuk memasak makanan lain, misalnya pisang goreng. Jadi, pisahkan minyak sesuai dengan bekas makanan yang dimasak.

  5. Simpan Minyak Dalam Wadah Tertutup dan Jauh dari Sinar Matahari Langsung Minyak goreng yang sudah digunakan dianjurkan untuk disimpan ditempat tertutup. Lebih baik disimpan di wadah yang terbuat dari stainless steel. Dan jauhkan dari sinar matahari langsung atapun sumber panas yang berlebih. Hal ini disaranakan agar Minyak Goreng yang telah digunakan lebih terjaga kualitasnya, dan tidak berwarna keruh ataupun menghitam.

  6. Gunakanlah Minyak Goreng Kelapa Mamaco Sudah banyak orang percaya, menggunakan minyak goreng kelapa sebagai bahan untuk menggoreng banyak terdapat manfaatnya. Contoh nya dapat digunakan berkali-kali dan kualitas tetap terjaga. Tidak mudah menghitam, tidak banyak menyerap minyak, warna gorengan juga terlihat lebih cerah. Segeralah beralih ke Minyak Goreng Kelapa Mamaco, karena hidup yang sehat dimulai dari minyak goreng yang sehat.