FIND THE UPDATED NEWS

Find the latest news, insight, event and stories about Sari Mas Permai!

STAY UPDATED STAY AWAKE

We provide more information about what’s happening in Sari Mas Permai, our latest activities, growth, and more. Stay connected with us through Facebook and LinkedIn for our latest news!

WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

Pabrik Minyak Kelapa Kopra: Mengenal Potensi dan Manfaat CCO


[ Articles ] 18/Apr/2020 12:00

Minyak kelapa menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia. Kondisi geografis dan iklim tropis yang dimiliki Indonesia, membuat tanaman kelapa tumbuh subur. Kopra, atau daging kelapa telah menjadi sumber mata pencaharian masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.


Minyak kelapa kopra pun telah dipasarkan hingga ke berbagai penjuru dunia. Sejak dulu, petani kopra telah mengenal teknik pembuatan minyak kelapa. Cara tradisional yang dijalankan masyarakat pun masih bertahan hingga hari ini.

Proses penjumuran kopra biasanya dilakukan selama 3 sampai 5 hari. Kopra yang telah kering kemudian akan dicacah menjadi parutan kasar sebelum diperah minyaknya. Kopra yang berkualitas dan layak jual harus memiliki kadar air yang sangat rendah, yaitu antara 6 sampai 7 persen saja. Kopra dengan kadar air tinggi biasanya mudah busuk dan berjamur.

Pengolahan di Pabrik Minyak Kelapa Kopra

Seiring perkembangannya, pengolahan minyak kopra pun telah beralih ke skema industri yang lebih maju. Pabrik-pabrik minyak kelapa kopra pun bemunculan di Indonesia. Tak hanya industri besar, petani kopra pun sudah mulai menerapkan teknologi untuk mengolah buah kelapa.

Satu di antaranya dengan mesin oven. Mesin ini digunakan untuk mengeringkan buah kopra secara lebih cepat dan konsisten. Dengan mesin oven, buah kopra yang sudah dipisah dari cangkangnya akan dipanaskan menggunakan suhu 80 derajat sampai menyisakan kadar air sebesar 6 atau 7 persen saja. Kopra yang kering ini kemudian dihaluskan menggunakan mesin pencacah sebelum dipress untuk menguras minyak yang terkandung di dalamnya.

Berikut merupakan tahapan pengolahan kopra menjadi Crude Coconut Oil (CCO):

Minyak yang terkumpul kemudian diendapkan untuk disaring. Minyak yang telah disaring juga masih harus diolah kembali dengan menambahkan senyawa alkali (KOH atau NaOH). Proses ini dilakukan untuk menteralisir dan menghilangkan asam lemak bebas yang terkandung pada CCO.

Setelah asam lemak hilang, minyak tersebut akan diberikan arang aktif atau bahan penyerap warna untuk menghasilkan minyak yang bersih dan jernih. Selanjutnya, minyak yang sudah jernih akan di-steam dengan uap air panas untuk menghilangkan senyawa yang menyebabkan aroma tengik.

Jika semua proses telah diikuti, maka minyak pun telah siap untuk dikemas kedalam kaleng atau botol. Minyak yang telah dikemas kemudian diberi label dan siap diedarkan ke pasaran.

Produk Turunan Minyak Kopra

Minyak mentah atau CCO kemudian akan diolah kembali menjadi beberapa produk turunan. Di antara produk turunan kopra yang paling sering dipasarkan antara lain:

⚫️ Minyak Goreng

Baik kelapa kopra maupun kelapa sawit, ke dua produk ini dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuat minyak goreng. Sebagian besar produksi kelapa digunakan menjadi bahan baku minyak goreng.

⚫️ Biodiesel

Minyak kelapa kopra juga mulai dimanfaatkan sebagai bahan bakar biodiesel. Biodiesel merupakan jenis bahan bakar yang ramah lingkungan dan dapat menghasilkan kinerja mesin diesel lebih maksimal.

⚫️ Mentega

Minyak kelapa kopra juga kerap digunakan sebagai bahan baku industri pengloahan makanan. Salah satunya adalah sebagai bahan pembuat mentega.

⚫️ Kosmetik

Tak bisa dipungkiri bahwa minyak kelapa juga digunakan sebagai bahan baku pembuat kosmetik. Misalnya minyak kelapa VCO yang sering digunakan menjadi bahan pembuat lotion dan produk pelembut kulit dan wajah.

Minyak kelapa dan minyak sawit juga digunakan sebagai bahan dasar pembuat lipstick. Pemulas bibir yang menjadi kosmetik wajib bagi perempuan ini mengandung minyak kelapa untuk menahan warna dan membuatnya tidak meleleh.

⚫️ Sabun

Kandungan vitamin dan mineral dalam minyak kelapa juga berguna untuk menjaga kebersihan tubuh. Itu lah mengapa minyak kelapa dijadikan bahan dasar pembuatan sabun. Minyak kelapa berguna untuk membuat sabun lebih halus dan lembut.

⚫️ Pakan Ternak

Bungkil kelapa atau copra expeller biasanya dianggap sebagai ampas. Namun jangan salah, bungkil kelapa ternyata mengandung lemak dan protein. Bungkil kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pakan ternak seperti sapid an babi.

Potensi bungkil kelapa sangat besar di Indonesia. Produk ini bahkan diminati sebagia komoditas ekspor ke negara tetangga seperti Vietnam, India dan negara Asia lainnya.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

Selain digunakan sebagai bahan pengolahan makanan, minyak kelapa rupanya memiliki segudang manfaat. Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi yang menyehatkan tubuh. Ini lah beberapa manfaat minyak kelapa sehat:

⚫️ Menjaga Kestabilan Gula Darah

Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes, minyak kelapa merupakan produk yang tepat untuk Anda. Kandungan Medium Chain Triglycerides (MCT) pada minyak kelapa dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Nutrisi tersebut juga bisa digunakan untuk meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh, sehingga membantu menjaga gula darah tetap stabil. Sehingga, mengkonsumsi minyak kelapa sehat secara teratur sangat baik bagi penderita diabetes.

⚫️ Mencegah Osteoporosis

Selain menjaga kestabilan gula darah, minyak kelapa yang berkualitas juga dapat membantu penyerapan magnesium dan kalsium dalam tubuh. Fungsi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menjaga kesehaan tulang dan persendian.

⚫️ Menghilangkan Bakteri dan Parasit Dalam Tubuh

Minyak kelapa sehat juga mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan zat yang berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam minyak kelapa dapat mengobati peradangan pada organ tubuh seperti arthritis, batu empedu dan pankreatitis.

⚫️ Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik). Asam lemak jenuh pada minyak kelapa juga dapat mengubah LDL atau kolesterol jahat menjadi tidak berbahaya.

Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Maka dari itu, minyak kelapa dapat membantu untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

⚫️ Menurunkan Berat Badan

Jika Anda menganggap minyak kelapa dapat membuat gemuk, hal itu sama sekali tidak benar. Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang justru membantu membakar lemak pada perut.

PT Sari Mas Permai

Salah satu produsen minyak kelapa di Indonesia adalah PT. Sari Mas Permai. Perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan minyak kelapa berkualitas tinggi ini telah memproduksi minyak goreng sejak tahun 1978.

Ditunjang dengan fasilitas dan peralatan canggih, PT. Sari Mas Permai juga telah memproduksi minyak goreng kelapa sejak tahun 2000 an silam. Produk dari PT. Sari Mas Permai bahkan sudah diekspor ke berbagai negara di dunia. Hingga kini, perusahaan yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini sudah mengekspor ke 26 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika bahkan Eropa dan Amerika Serikat.

Dengan pengalaman lebih dari 33 tahun, PT. Sari Mas Permai berkomitmen untuk menyediakan produk minyak berkualitas, sehat dan berkualitas tinggi. Didukung oleh praktik manufaktur yang ketat, setiap produknya dibuat dari bahan baku premium demi menghasilkan minyak goreng sehat terbaik.