FIND THE UPDATED NEWS

Find the latest news, insight, event and stories about Sari Mas Permai!

STAY UPDATED STAY AWAKE

We provide more information about what’s happening in Sari Mas Permai, our latest activities, growth, and more. Stay connected with us through Facebook and LinkedIn for our latest news!

WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

Potensi Minyak Kelapa Untuk Masa Depan Indonesia


[ Articles ] 10/Feb/2020 12:00

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki beragam potensi besar untuk dikembangkan. Salah satu nya adalah tanaman kelapa. Sejak dahulu, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil minyak kelapa terbesar dan terbaik di dunia. Potensi minyak kelapa Indonesia ini ditunjang oleh kondisi geografis yang memungkinkan tanaman kelapa tumbuh subur.


Indonesia sendiri dinobatkan sebagai negara yang memilih lahan tanaman kelapa terbesar di dunia. Luas lahan kelapa di Indonesia mencapai 3,88 juta hektar, di mana 97 persen di antaranya merupakan perkebunan rakyat. Dengan lahan seluas itu, Indonesia mampu memproduksi 3,2 juta ton kopra per sekali panen.

Produksi kelapa yang besar ini dijadikan bahan baku produk berbasis kelapa. Industri turunan kelapa pun berkembang di Indonesia. Beberapa produk turunan kelapa yang paling laris di pasaran adalah minyak goreng, virgin coconut oil (VCO), nata de coco dan sebagainya.

Selain tanaman kelapa, Indonesia juga memiliki potensi di bidang perkebunan kelapa sawit. Saat ini, kebutuhan dunia akan sawit mencapai 25 juta ton, dan Indonesia termasuk sebagai negara pemasok minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Komoditas kelapa sawit sendiri telah menyumbang devisa negara mencapai Rp. 300 triliun.

Manfaat Minyak Kelapa

Selain digunakan sebagai bahan makanan, minyak kelapa dan kelapa sawit memiliki beragam kegunaan, antara lain:

Minyak Goreng

Baik kelapa maupun kelapa sawit, ke dua produk ini dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuat minyak goreng. Sebagian besar produksi kelapa digunakan menjadi bahan baku minyak goreng.

Biodiesel

Minyak kelapa terutama yang dihasilkan dari kelapa sawit mulai dimanfaatkan sebagai bahan bakar biodiesel. Biodiesel merupakan jenis bahan bakar yang ramah lingkungan dan dapat menghasilkan kinerja mesin diesel lebih maksimal.

Mentega

Minyak kelapa juga kerap digunakan sebagai bahan baku industri pengloahan makanan. Salah satunya adalah sebagai bahan pembuat mentega.

Kosmetik

Tak bisa dipungkiri bahwa minyak kelapa juga digunakan sebagai bahan baku pembuat kosmetik. Misalnya minyak kelapa VCO yang sering digunakan menjadi bahan pembuat lotion dan produk pelembut kulit dan wajah. Minyak kelapa dan minyak sawit juga digunakan sebagai bahan dasar pembuat lipstick. Pemulas bibir yang menjadi kosmetik wajib bagi perempuan ini mengandung minyak kelapa untuk menahan warna dan membuatnya tidak meleleh.

Sabun

Kandungan vitamin dan mineral dalam minyak kelapa juga berguna untuk menjaga kebersihan tubuh. Itu lah mengapa minyak kelapa dan minyak sawit juga dijadikan bahan dasar pembuatan sabun. Minyak kelapa berguna untuk membuat sabun lebih halus dan lembut.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

Selain digunakan sebagai bahan pengolahan makanan, minyak kelapa rupanya memiliki segudang manfaat. Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi yang menyehatkan tubuh. Ini lah beberapa manfaat minyak kelapa sehat:

Menjaga Kestabilan Gula Darah

Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes, minyak kelapa merupakan produk yang tepat untuk Anda. Kandungan Medium Chain Triglycerides (MCT) pada minyak kelapa dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Nutrisi tersebut juga bisa digunakan untuk meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh, sehingga membantu menjaga gula darah tetap stabil. Sehingga, mengkonsumsi minyak kelapa sehat secara teratur sangat baik bagi penderita diabetes.

Mencegah Osteoporosis

Selain menjaga kestabilan gula darah, minyak kelapa yang berkualitas juga dapat membantu penyerapan magnesium dan kalsium dalam tubuh. Fungsi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menjaga kesehaan tulang dan persendian.

Menghilangkan Bakteri dan Parasit Dalam Tubuh

Minyak kelapa sehat juga mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan zat yang berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam minyak kelapa dapat mengobati peradangan pada organ tubuh seperti arthritis, batu empedu dan pankreatitis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik). Asam lemak jenuh pada minyak kelapa juga dapat mengubah LDL atau kolesterol jahat menjadi tidak berbahaya. Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Maka dari itu, minyak kelapa dapat membantu untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

Menurunkan Berat Badan

Jika Anda menganggap minyak kelapa dapat membuat gemuk, hal itu sama sekali tidak benar. Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang justru membantu membakar lemak pada perut.

Minyak Sawit Jadi Sumber Energi Terbarukan

Pengolahan minyak kelapa sawit ternyata memiliki potensi untuk menghasilkan sumber energi baru. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan bahwa limbah kelapa sawit yang dihasilkan dari proses pengolahan minyak berpotensi menghasilkan energi listrik yang cukup besar.

Tak tanggung-tanggung, jika dikelola secara profesional, limbah kelapa sawit dapat menghasilkan energi sebanyak 12.654 Mega Watt. Limbah cair yang dihasilkan dari sisa pengolahan kelapa sawit juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik. Jumlah limbah cair ini mencapai 600 sampai 700 liter per hari. Tentunya, ini menjadi potensi besar yang harus dikembangkan di Indonesia.

Kesimpulan

Itu lah beberapa manfaat dari minyak kelapa di Indonesia. Jika dikelola secara tepat, Indonesia berpotensi besar menghasilkan keuntungan dari minyak kelapa. Selain digunakan sebagai bahan makanan, minyak kelapa ternyata memiliki segudang manfaat lainnya.

Salah satu produsen minyak di Indonesia adalah PT. Sari Mas Permai. Perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan minyak kelapa berkualitas tinggi ini telah memproduksi minyak goreng sejak tahun 1978.

Ditunjang dengan fasilitas dan peralatan canggih, PT. Sari Mas Permai juga telah memproduksi minyak goreng sawit sejak tahun 2000 an silam. Produk dari PT. Sari Mas Permai bahkan sudah diekspor ke berbagai negara di dunia. Hingga kini, perusahaan yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini sudah mengekspor ke 26 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika bahkan Eropa dan Amerika Serikat.

Dengan pengalaman lebih dari 33 tahun, PT. Sari Mas Permai berkomitmen untuk menyediakan produk minyak berkualitas, sehat dan berkualitas tinggi. Didukung oleh praktik manufaktur yang ketat, setiap produknya dibuat dari bahan baku premium demi menghasilkan minyak goreng sehat terbaik.